gravatar

Mawar Untuk Ibu

Suatu hari, seorang lelaki (sebut saja, X) memasuki toko bunga dan memesan seikat karangan bunga mawar untuk dipaketkan kepada ibunya yang tinggal 250 Km dari tempat X tinggal. Begitu X keluar dari toko bunga tersebut, X melihat seorang gadis kecil sedang terduduk di trotoar dengan menangis tersedu-sedu. X lalu bertanya mengapa dan dijawab oleh gadis kecil, “Saya ingin membeli setangkai bunga mawar untuk ibu saya, tapi saya hanya memiliki uang lima ratus saja, sedangkan harga mawar itu seribu.”

X tersenyum dan berkata, “Ayo, ikut aku, aku akan membelikan bunga yang kau mau.” Kemudian X pun membelikan gadis tersebut setangkai bunga mawar merah.

Ketika selesai dan hendak pulang, X menawarkan diri untuk mengantar gadis kecil itu pulang ke rumahnya. Gadis kecil itu pun melonjak gembira, lalu mereka pun pergi ke tempat yang telah ditunjukan oleh gadis kecil tersebut, sebuah tempat pemakaman umum, di mana lalu gadis kecil itu meletakan tangkai bunga mawar di atas sebuah kuburan yang masih basah.

Malihat hal ini, X pun menjadi terenyuh dan teringat sesuatu, bergegas, X kembali menuju toko bunga tadi dan membatalkan kiriman paketnya. Lalu X mengambil karangan bunga yang dipesannya dan mengendarai sendiri kendaraannya sejauh 250 Km menuju rumah ibunya. (Adapted from “Rose for Mama”, C.W. McCall)

Pengikut