gravatar

Misi Hidup Dalam Sebuah Kerja

Seorang wanita tua, bertubuh gemuk, dengan senyum jenaka di sela-sela pipinya yang bulat, duduk menggelar nasi bungkus dagangannya. Segera saja beberapa pekerja bangunan dan kuli angkut yang sudah menunggu sejak tadi mengerubungi dan membuatnya sibuk meladeni. Bagi mereka, menu dan rasa bukanlah soal, yang penting harganya yang super murah.


Hampir-hampir mustahil ada orang yang bisa berdagang dengan harga sedemikian rendah. Lalu apa untungnya? Wanita itu terkekeh menjawab, “Alhamdulillah, setidaknya saya bisa numpang makan dan beli sedikit sabun!” tapi bukankah ia bisa menaikan harga sedikit? Sekali lagi ia terkekeh, “Lalu bagaimana kuli-kuli itu bisa membeli? Siapa yang akan membuatkan mereka sarapan?” katanya sambil menunjuk ke arah para lelaki yang kini berlompatan ke atas truk pengantar yang mengantarkan mereka ke tempat kerja.


Ah!! Betapa cantiknya bila sebongkah misi hidup dipadukan dengan sebuah pekerjaan. Orang-orang yang memahami benar hasil karyanya, sebagaimana wanita tua di atas, yang bekerja demi setitik kesejahteraan hidup manusia di sekitarnya, dimana apa yang dilakukannya ibaratkan sebuah tiang penyangga yang menyangga langit agar tak runtuh.




Pengikut