gravatar

Rahasia Bagaimana Seseorang Dapat Kuat Bekerja

Bagaimana orang-orang tahan bekerja hingga berjam-jam seolah tak mengenal lelah? Apa yang membuat seorang nelayan yang meninggalkan anak dan istri bertarung dengan istri dan badai? Bagaimana pula para petani, kuli, sopir angkutan, pekerja berat yang membanting tulang ditengah teriknya matahari atau pun dinginnya malam? Kekuatan apakah yang mendorong mereka lebih kuat secara fisik dan lebih tangguh secara mental? Sedangkan di sudut sempit yang lain, banyak orang yang mengeluh karena persoalan yang tak lebih dari seujung kuku.

Kekuatan itu adalah Cinta. Cinta yang melahirkan harapan dan pengabdian kepada siapakah mereka mempersembahkan hasil kerja keras mereka, kepada keluarga yang nun jauh di sana, kepada masyarakat banyak yang membutuhkan karya mereka, kepada alam yang mengasuh mereka, kepada masa depan kehidupan yang sejahtera, atau kepada hati tempat dimana cinta itu mengalir.

Bila temen-temen berkeluh kesah hanya karena harus memperpanjang waktu kerja beberapa jam saja, maka ingatlah punggung bungkuk seorang kakek yang sepanjang hari menjaga kampus kita ini. Beliau memiliki sesuatu yang ia cintai, yang kepadanyalah ia mempersembahkan hasil cucuran keringatnya. Dan sudah sepatutnya kita belajar kepadanya tentang pengabdian atas nama cinta.

Pengikut